Ada Yang Tau Cara Mengatasi Modem Smartfren Yang TidakTerdeteksi?

Kali ini saya mau berbagi cerita duka terkait modem smartfren milik saya yang tidak terdeteksi oleh komputer dan juga laptop walau sudah di gonta-ganti dari port usb yang ada. Penyebab dari tidak terdeteksinya modem smartfren milik saya itu sampai saat ini masih belum saya temukan, walaupun sudah bertanya-tanya kepada temen dan juga kepada mesin pencari Google.


Ceritanya gini, saya beli modem smartfren pada akhir bulan desember 2012 yang lalu dengan merek USB Modem EVDO Rev. A Smartfren AC782. Dari sejak beli itu saya hanya memakai cuma 2 bulan saja, karena bonus pertama sudah habis dan tatkala isi ulang dengan nominal 50 ribu cuma bisa buat internetan hanya dua minggu saja. Setelah itu sudah tuh modem saya simpen saja di lemari.

Nah, pada hari minggu kemarin saya coba bawa tuh modem ke konter smartfrennya pengen diganti jadi paket unlimited. Tapi sialnya tatkala sebelum diganti, engga saya coba dulu tuh modem masih berfungsi apa tidak ujug-ujug saya langsung bawa aja tuh modem ke konter resmi smartfrennya. Namun sayangnya di konter itu juga ga di cek lagi apakah tuh modem masih fungsi apa tidak, langsung aja diganti kartu ama mba pelayannya. Padahalmah ya setelah diganti itu saya udah ngomong ke mba pelayannya untuk di test dulu, eh dianya ga ngerespon cuma bilang udah bisa udah aktif, gitu doank. Akhirnya ya udah saya bawa pulang aja.

Setelah sampai dirumah saya langsung tes tuh modem, dan tiada ku sangka tiada ku duga ternyata tuh modem smartfren tidak bisa terdeteksi sama sekali. Udah saya gonta-ganti port usb juga masih sama masih tidak terdeteksi. saking penasarannya khawatir komputernya yang error, saya coba colokin ke laptop dan ternyata sama juga tidak terdeteksi. Untuk lampu indikator tetap nyala tapi tidak berkedip-kedip.

Kemudian saya coba cari informasi sana-sini, sharing di facebook, searching di internet ternyata masih belum juga menemukan solusinya. Nah, buat pembaca setia blog bukan sekedar informasi milik saya ini yang sekiranya tau dan pernah mengalami kasus yang serupa dengan saya, mohon informasinya ya dengan cara berbagi informasi lewat kolom komentar yang ada di blog ini. Supaya kasus yang menimpa saya ini bisa teratasi.

Itulah sedikitnya cerita tentang Modem Smartfren Yang Tidak Terdeteksi. Saya tunggu solusi dari anda semuanya. Terimakasih telah sudi membaca curhatan saya ini.

Ada Yang Tau Cara Mengatasi Modem Smartfren Yang TidakTerdeteksi? Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Amru Sobar

30 comments:

Boysh randy said...

sama gan saya makai modem EVDO Rev. A Smartfren AC782 juga seperti itu juga kelakuannya persis sama seperti ini, gak ada ubahnya, lampunya menyala tp gak berkedip, ini juga mau cari solusinya, lagi cari di google

Amru Sobar said...

Sepertinya solusinya kudu beli yang baru deh. coz, saya juga udah searching ga nemu-nemu juga.

Dimas purwahadi said...

senasib ama ane gan
punya ane semarfren ce682
gk terdeteksi ama sekali
tetapi di device manager terbaca

Rohmat Khoirul Sidiq said...

sama gan..
persis ama kang rendy

Muhammad Faris Al Fatih said...

wah pada sama semua nih kayanya.. kira kira sudah ada yang nemu blum solusinya ? share dong.. ^^

Amru Sobar said...

Muhammad Faris... Sampai saat ini saya masih belum nemu solusinya.. ujung-ujungnya akhirnya beli baru lagi nih..hehehe

M Budi Primanto said...

iya punya saya alah sapai ati lampunya pertamasih ga kedip2 dlu tp kesini2 .lampu mati total dan rum tidak terditeksi..

ahmad jumairi said...

1. periksa dulu apakah kartu ruimnya rusak ?
* cabut ruim dan coba masukkan ke modem yang lain apakah terbaca.
2. apakah kartu ruim kotor ?
* kalau kotor ambil penghapus pulpen merek pelican ( biru ) lalu coba
bersihkan kuningan pada kartu ruimnya.
3. kemungkinan ruim reader ( tempat masukin ruim card ) yang ada dimodem
anda ( 6 kaki ) ada yang patah atau lemah.
* ambil jarum dan coba pelan pelan kaki ruim reader nya diangkat ( jangan
terlalu kuat takut patah )
4. kalau masih tidak bisa untuk semua diatas coba masukkan ruim dari modem lain ke modem anda, apakah masih tidak terbaca, kalau tidak terbaca berarti minta adek tu modem.

ahmad jumairi said...

solusinya adalah ganti pengaturan DEVICE anda menjadi USB 1.0
dengan cara
(WINDOWS 7)
klik START
Klik kanan COMPUTER lalu pilih MENAGE
(akan muncul jendela "computer management")
klik DEVICE MANAGER dan pilih UNIVERSAL SERIAL BUS CONTOLLER
lalu klik kanan yang INTEL(R) RCH8 FAMILY USB2 ENHANCED HOST CONTROLLER (biasanya terdapat dua) lalu pilih DISABLE lalu lakukan hal yang sama jika ditemukan lagi INTEL(R) RCH8 FAMILY USB2 ENHANCED HOST CONTROLLER. maka modem anda akan mampu mendapat sinyal lagi dengan menggunakan kabel perpanjangan USB

untuk mengembalikan ke versi USB 2.0 >lakukan hal yang sama dengan diatas, klik kanan dan pilih ENABLE.

naels said...

masalah yang sama tapi belum ada cara yang belum saya ketemukan atau saya terlalu gaptek ya ....

Amru Sobar said...

@Ahmad Junairi: Terimakasih atas saran dan petunjuknya.
@ Naels : Saya udah beli yang baru lagi Om :D

adhink said...

Masalah sama,
Cannot detect..bawa ke SC Smarfren jawabnya modem tidak bisa di service..
harus ganti baru..sedang searching2 cara perbaikinya juga..

Amru Sobar said...

@adhink: Sepertinya susah menemukan caranya..saya aja beli baru lagi nih :D

Anonymous said...

persis sama pengalamanku, tapi setelah tak bawa ke galerinya sama cs diganti modem baru. masalah terpecahkan.... hehehehe....

Amru Sobar said...

Wah, enak kalo begitumah... Coba waktu itu saya juga begitu. mungkin bisa diganti juga.

Anonymous said...

itu pengaruh dari kabel perpanjangan sob, kalo gak pake kabel perpanjangan punya ane bisa connect, masalahnya karena kabel usb membutuhkan energi listrik untuk menghantarkan data dari modem.. semakin panjang kabel usb maka semakin banyak energi yg di butuhkan... ane juga lagi nyari solusi nich..

Dimas Novemby said...

yg perlu diupgrade system device nya bro.... EVDO telecom bus enumerator dvice nya... cari di 4shared

Fathia Rezqy said...

@Dimas Novemby
Aku udah donlot, ngga ngerti cara upgradenya nih. Gimana ya?

Ignatiustrf said...

Itu biasanya ada di eneratornya. Tinggal uninstall. Pasti muncul lagi.

Mampir ke
ignatiusprobo.blogspot.com

Anonymous said...

Aku Malah Bingung Nih...di win 7 starter normal.....tapi di win7 profesional....No RUIM mulu.........berbagai solusi di internet yg sudah ada...tapi tetap belum bisa mengatasi

gilang cahya said...

iya sama seperti saya gan

Amru Sobar said...

Thank solusinya Om.

Amru Sobar said...

@ Dimas : Thanks sarannya Mas Bro

Amru Sobar said...

Ayo Mohon dibantu yang udah ngerti :)

Amru Sobar said...

Kalo bingung pegangan dulu gan jangan ampe jatuh...hehehehe
Saking susahnya nyari solusi ane langsung beli yang baru lagi. :D

Amru Sobar said...

Thanks kunjungannya Om... Kalo nemu solusinya kasih tau ane ya! :D

imamboll said...

Sepertinya banyak juga ya yg mengalami masalah ini, kemarin kemarin modem temen saya juga kena, dan saya disuruh bantu, muter2 nyari solusinya juga belum bisa

makasih infonya sob

Anonymous said...

kalo ane jg mengalami ruim failure no ruim, eror id 678 gan, tp setelah ane copot kartunya terus ane sembul2 lalu colokin lg eh balik bisa konek normal lg gan.

Anonymous said...

buka device manager=> cari usb port modem yang tidak terdeteksi=>terus klik kanan=>pilih update driver software=> pilih yang search automatically :D terus kalau dah selesai nanti muncul new device scan gitu :D

Anonymous said...

seharusnya judul blog ini ditambah kata-kata (tanya), dikira adminnya bakal kasih solusi ternyata kasih pertanyaan

Post a Comment