Inilah Tips Aman Menggunakan Koneksi Wi-Fi Publik

Bukan menjadi rahasia lagi kalo saat ini jika diberbagai tempat publik seperti Kampus, Mall, Hotel, Cafe bahkan dirumah-rumah penduduk juga sudah banyak yang dilengkapi dengan sinyal Wi-Fi yang bisa dikases secara gratis. Dibeberapa tempat tersebut biasanya ada saja Wi-Fi yang tidak menggunakan proteksi sehingga memudahkan oranglain untuk bisa menggunakan Wi-Fi Tersebut.

tips internet, tips wi fi, bobol wi-fi, password wi-fi

Dengan adanya layanan Wi-Fi tersebut kemudian semakin marak juga perlatan elektronik seperti Handphone, Komputer, Laptop, Tablet yang menggunakan atau memfasilitasi layanan Wi-Fi didalam perangkat elektronik tersebut. Dengan adanya layanan Wi-Fi gratis tersebut bukan berarti anda bisa aman untuk menggunakan layanan Wi-Fi tersebut. Tanpa anda sadari bisa saja ada orang yang usil memanfaatkan anda ketika anda sedang mengakses layanan Wi-Fi tersebut.

Lewat tulisan ini saya akan coba memberikan beberapa tips aman menggunakan koneksi Wi-Fi publik yang bisa anda terapkan apabila anda ingin komputer dan data milik anda didalamnya aman dari tangan-tangan usil ketika sedang terhubung dengan jaringan Wi-Fi yang bersifat umum atau publik.

1. Non Aktifkan Mode Sharing (Berbagi)

Melalui sebuah koneksi jaringan kamu dapat berbagi banyak data seperti, musik, video, file, bahkan mengaksesnya dari jauh sekalipun dengan menggunakan remote login lewat komputer lain melalui jaringan Wi-Fi. Untuk itu, ada baiknya kamu nonaktifkan fitur ini ketika sedang terhubung dengan jaringan Wi-Fi publik, jika tidak di nonaktifkan bisa jadi orang lain yang sedang terhubung dengan jaringan Wi-Fi yang sama denganmu bisa mengakses dokumen yang ada dikomputer milikmu, dan apabila kamu memang mengaktifkan fitur ini sebaiknya kamu set sebuah password yang rumit untuk melindunginya.

2. Menggunakan Virtual Private Network (VPN)

Cara yang paling aman untuk browsing dan berselancar pada jaringan publik adalah dengan menggunakan virtual private network atau VPN. Sebuah VPN akan memberikan sebuah jaringan yang aman meski anda terhubung menggunakan Wi-Fi publik. Saat ini banyak sekali layanan VPN gratis yang telah tersedia secara umum dan dapat anda gunakan untuk menjamin keamanan pada jaringan yang anda akses.

3. Cegah Sambungan Wi-Fi Secara Otomatis

Laptop, smartphone dan tablet sama-sama diketahui memang dapat diatur untuk secara otomatis terhubung atau terkoneksi pada sebuah jaringan Wi-Fi yang memang memudahkan penggunanya, namun hal ini merupakan pengaturan yang dapat membahayakan privasi. Dengan mengaktifkan fitur ini tentu saja memungkinkan sebuah perangkat terhubung ke jaringan publik tanpa izin dari anda sebagai penggunanya, dan bayangkan apabila anda secara otomatis terhubung ke jaringan yang berbahaya dan sengaja di buat khusus untuk mencuri informasi dari perangkat yang sudah terhubung. Jadi sebaiknya anda menonaktifkan pengaturan ini pada perangkat milik anda.

4. Gunakan Secure Socket Layer (SSL)

Sebuah situs atau laman web pada dasarnya hanya mentransfer konten dalam bentuk teks, yang mana hal tersebut dapat memudahkan siapa saja untuk masuk dan menyusup dalam koneksi jaringan yang sedang anda gunakan dan mengetahui informasi apa saja yang sedang anda akses. Untuk itu sangat disarankan anda untuk menggunakan situs yang sudah menggunakan SSL yang berguna untuk mengenkripsi data-data yang di transfer ke perangkat milik anda.

Karena tak semua situs dilengkapi dengan protokol SSL, sebagai solusi anda bisa menggunakan add on yang berguna seperti SSL dan mengenkripsi semua data yang masuk dan anda akses melalui browser, salah satunya adalah add on HTTPS Everywhere.

5. Gunakan Dua Jenis Authentikasi

Lakukan dua jenis otentikasi untuk mengakses akun milik anda, contohnya seperti Otentikasi via SMS ketika hendak membuka email Gmail dan beberapa layanan lain yang anda anggap penting dan perlu.

Dengan mengaktifkan layanan ini berarti siapapun yang mencoba masuk akan membutuhkan dua buah informasi untuk bisa masuk dan mengakses akun milik anda. Saat ini sudah banyak situs populer yang menggunakan layanan dengan dukungan dua jenis otentikasi, jadi ada baiknya anda segera mengaktifkan layanan ini mulai dari sekarang.

6. Konfirmasi Nama Jaringan

Umumnya sebuah jaringan yang berbahaya akan menggunakan sebuah nama palsu dari jaringan tersebut. Jaringan palsu ini tentu saja dapat menempatkan perangkat yang yang sedang terhubung dalam keadaan berbahaya, jika anda yakin dan merasa tidak mengenal sebuah nama jaringan, sebaiknya anda tidak mencoba terhubung untuk menghindari hal-hal yang dapat merugikan.

Contohnya ketika anda sedang berada di sebuah cafe atau tempat makan, sebaiknya anda bertanya langsung pada karyawan tempat tersebut nama resmi dari jaringan Wi-Fi yang mereka sediakan sehingga anda bisa terhubung ke jaringan yang resmi dibuat, dan bukan jaringan palsu.

7. Lindungi Password

Dengan menggunakan kombinasi password yang unik untuk akun yang berbeda memang aman, namun sebagian mungkin mendapat masalah karena banyaknya password yang harus diingat. Untuk itu sebaiknya gunakanlah Aplikasi atau add on seperti password manager yang dapat anda gunakan untuk membantu anda menyimpan kesemua password tersebut, contohnya seperti KeePass atau LastPass mungkin dapat membantu Anda tetap aman.

Kedua aplikasi ini menggunakan metode yang berbeda-beda dalam menyimpan informasi milik penggunanya, apabila KeePass menyimpannya dalam sebuah file database yang terenkripsi pada komputer, maka LastPass memilih untuk menyimpan informasi para penggunanya di awan atau via cloud. Hingga kini kedua aplikasi ini diklaim cukup aman untuk digunakan.

8. Aktifkan Firewall

Secara umum sistem operasi populer yang sudah ada saat ini memang sudah dilengkapi dengan firewall yang dapat berguna untuk memonitor keluar masuknya sebuah koneksi atau jaringan yang anda akses. Walaupun firewall tidak dapat memberikan perlindungan secara menyeluruh, namun hal ini akan semakin membantu anda tetap aman ketika terhubung dengan sebuah jaringan apabila pengaturan firewall ini anda aktifkan.

9. Jalankan Software Anti-Virus

Selalu gunakan anti virus versi terbaru, dengan menggunakan anti virus, tentunya anda akan sangat berguna karena anda akan mendapatkan sebuah peringatan ketika sistem mendeteksi adanya gangguan saat terhubung ke jaringan. Sebuah peringatan biasanya akan ditampilkan jika ia mendeteksi virus yang dikenal, atau perilaku yang mencurigakan, seperti modifikasi file pada registry.

Itulah beberapa tips aman menggunakan koneksi Wi-Fi publik. Semoga Bermanfaat.

Sumber : pusatgratis.com

Inilah Tips Aman Menggunakan Koneksi Wi-Fi Publik Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Amru Sobar

0 comments:

Post a Comment