close
VPS Mania 336x280

Penyebab Komputer Mati Sendiri | Penyebab Kipas Prosessor

Setelah beberapa bulan lamanya tidak pernah ngebersihin komputer. Pada waktu liburan kemarin saya sempetin untuk ngebersihin dalaman CPU. Setelah dibuka, Busyet deh tuh debu yang menempel dikomponen-komponen CPU banyak banget terlebih yang menempel pada fan ( kipas ) khususnya kipas prosesor buanyak banget. Karena tidak punya peralatan khusus untuk pembersih debu, terpaksa saya bersihin aja tuh debu-debu menggunakan angin buatan dari tiupan super melalui mulut saya sendiri. Dan tau sendirikan yang namanya debu kalo ditiup pasti berterbangan, jadi deh wajah saya kena debu semua ampe batuk-batuk :D Sebelum membaca kelanjutannya baca dulu deh informasi tentang Penyebab Komputer Mati Sendiri Saat Install Ulang dan Penyebab Komputer Mati Sendiri Akibat Ngehang.

Penyebab Komputer Mati Sendiri | Penyebab Kipas Prosessor

Setelah agak bersih dan agak sedikit berkurang debunya, kemudian saya pasang lagi tuh komponen pada tempatnya seperti semula. Setelah rapi kembali, kemudian saya coba untuk menyalakan komputer tersebut. Tapi apa yang terjadi, baru saja beberapa menit, eh ko. tuh komputer tiba-tiba mati sendiri. Wah, jadi galau deh saya.

Setelah beberapa kali saya coba nyalain ternyata keadaannya masih sama. Saya coba bongkar lagi deh tuh CPU, kemudian saya periksa lagi satu-satu komponen/ hardware takut masih ada yang belum terpasang dengan sempurna. Walhasil setelah saya rasa sudah tidak ada masalah, kemudian saya tes dengan cara menyalakan lagi. Tapi ternyata hasilnya masih sama, baru beberapa menit dinyalain tuh CPU langsung mati sendiri.

Haduh, pusing juga nih dibuatnya. Maklum coz masih awan dalam dunia memperbaiki komputer. Akhirnya dengan tidak putus asa saya coba lagi memeriksa hardwarenya. Dan kali ini saya coba periksa dengan menekan lebih kuat pada bagian fan / kipas prosesornya. Setelah dirasa sudah ga ada masalah semua dengan kondisi pemsangan hardwarenya. Kemudian saya coba On kan lagi tuh CPU. Dan hasilnya, Jreng-jreng... Akhirnya komputer saya udah normal lagi dan berjalan sebagaimana biasanya ga mati tiba-tiba lagi.

Huff... Berdasarkan pengalaman tersebut jadi saya dapat ilmu nih tentang Penyebab Komputer Mati sendiri. Walaupun pada faktanya penyebab komputer mati sendiri itu bukan hanya berasal dari kipas prosessornya yang terpasang kurang kuat tapi juga bisa berasal dari hal-hal yang lainnya. Kebetulan kasus komputer mati sendiri yang saya alami ini penyebabnya berasal dari kipas prosessor. So, jika anda mempunyai kasus yang sama seperti saya ini. Anda bisa mencoba cara yang telah saya share ini. Apabila masih ada yang kurang atau tidak sesuai dengan kasus yang menimpa anda. Ya mohon maklum saja. Karena seperti apa yang telah saya sebutkan tadi, bahwa penyebab komputer mati sendiri itu bukan hanya karena kipas prosessornya saja. Bisa jadi karena hardware lainnya yang bermasalah. Jadi untuk kasus yang lainnya, silahkan anda cari sendiri lewat internet atau jika anda ingin belajar sendiri tentang cara memperbaiki komputer sendiri bisa anda baca tutorial lengkapnya disini. Semoga bermanfaat
2 Komentar untuk "Penyebab Komputer Mati Sendiri | Penyebab Kipas Prosessor"

terimaksih atas infonya kalau ada waktu berkunjung ke blog ini
http://c-adrrian.blogspot.com

Terimaaksih juga atas kunjungannya

Back To Top