0818-0804-4511

CILEGON, BANTEN - IND

"Melayani Jasa Pembuatan Website Dan Jasa Iklan FB Ads"

Monday, October 21, 2013

Cara Extreme Memperbaiki Motherboard Yang Rusak

Cara Extreme Memperbaiki Motherboard Yang Rusak adalah sebuah cara untuk memperbaiki motherboard komputer yang rusak dengan cara yang tidak lazim alias agak sedikit berbeda dengan cara memperbaiki motherboard yang rusak pada umunya. Cara memperbaiki motherboard yang rusak yang akan saya share kali ini adalah sebuah cara yang membutuhkan keberanian dan kenekatan anda ketika ingin memperbaiki motherboard komputer anda yang rusak.

Tips dan Trik Komputer, Kerusakan Motherboard, Memperbaiki Motherboar,

Cara Extreme Memperbaiki Motherboard Yang Rusak

Cara extreme memperbaiki motherborad yang rusak adalah dengan cara mencuci motherboard tersebut. Namun sebelum anda melakukan perbaikan motherboard yang rusak dengan cara extreme ini, ada beberapa hal yang harus anda ketahui terlebih dahulu yaitu:
  • Jangan perah mencuci motherboard yang bukan milik anda sebelum mendapatkan Izin dari yang punya.
  • Pastikan komponen elektronik yang yang akan anda cuci tidak ada yang terbakar/hangus. Jika ada penanggulangan nya bukan dengan mencuci melainkan dengan menganti komponen tsb..:)
  • Cara ini hanya untung-untungan saja lho..tingkat keberhasilan nya menurut saya cuma 25%.
Berikut ini adalah Cara-cara Mencuci Motherboard dengan air yang pernah saya lakukan:
  1. Siapkan air dalam ember yang cukup lebar kira2 bisa masuk Motherboard didalam nya
  2. Siapkan Deterjen Recomended (Rinso) karena butiran lebih kecil dan cepat larut dalam air
  3. Siapkan Kuas lembut atau sikat gigi bekas
  4. Siapkan Hair Dryer/ Solder Uap jika ada
  5. Siapkan Kain Lap tipis atau tisu

Cara Mencuci :

  • Lepas komponen-komponen lain yang terpasang di Motherboard seperti Processor, Baterai C-Mos, IC-C-Mos(jika bisa dilepas/jika tidak biarkan saja), Wireless Adapter, dll yang bisa di lepas lepaskan saja semua.
  • Larutkan Deterjen ke dalam air yang sudah di sediakan dalam ember sebelumnya aduk hingga butiran deterjen hancur semuanya.
  • Masukkan Motherboard seluruhnya kedalam ember yang sudah berisi deterjen yang sudah dilarutkan dengan air tadi lalu bersihkan dengan kuas lembut atau sikat gigi bekas dengan cara di gosok seluruh komponen yang ada termasuk juga Slot Memory, PCI, dll.
  • Setelah yakin semua nya sudah di gosok hingga bersih, cuci dengan air bersih lalu keringkan dengan kain lap, Hair Dryer atau Solder Uap.
  • Perlu di ingat jika menggukan Solder Uap set udara pada posisi Maksimal dan Panas nya diposisi Minimal atau paling rendah lalu beri jarak kira-kira 15 centimeter jika ada komponen yang berongga dekatkan ujung solder uap ke rongga tsb hingga Sahabat benar-benar yakin tidak ada lagi air yang tinggal di rongga ataupun komponen Motherboard.
  • Sekali lagi PASTIKAN komponen sudah benar-benar kering....!!!

Setalah tahap diatas terselesaikan dengan benar, coba tes hidupkan "Ingat Semua Komponen yang di lepas harus sudah di pasang kembali"

Itulah informasi terkait tips dan trik komputer cara extreme memperbaiki motherboard yang rusak... Jika anda ingin mahir dalam memperbaiki Komputer, Laptop dan printer bisa dapatkan tutorialnya disini --> Tutorial lengkap service komputer, laptop dan printer <--- 

Jangan lupa untuk membaca artikel tips dan trik komputer lainnya dibawah ini:

1. Cara mengatasi kesalahan pengetikan huruf pada laptop
2. Penyebab komputer mati sendiri saat install ulang
3. Penyebab komputer mati sendiri karena kipas prosessor

Semoga Bermanfaat!

4 comments:
Write comments

Follow Akun Twitter Kang Amru Dan Dapatkan Update Blog Terbaru Di - https://twitter.com/amrusobar
Join Our Newsletter